Oleh :
Firda Rachma Amalia
NIM : P056111813.10EK
Dosen
Pembimbing :
Dr.
Ir. MARIMIN, M.Sc.
MAGISTER
MANAJEMEN TERAPAN AGRIBISNIS
PROGRAM
PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS
INSTITUT
PERTANIAN BOGOR
2012
Visi
dan Misi Perseroan Japfa
Visi Perseroan Japfa
Berkembang Menuju Kesejahteraan:
Kesuksesan utama PT Japfa Comfeed Indonesia
Tbk, dibangun atas dasar keyakinan dalam membina hubungan yang saling menguntungkan,
berdasarkan kepercayaan dan integritas. Bersama seluruh pihak-pihak terkait,
Perseroan selalu mengambil posisi pro-aktif dalam mengembangkan hubungan yang
saling menguntungkan (
annual report japfa,2008)
·
Bersama
seluruh pemegang sahamnya, Perseroan senantiasa bertujuan meraih imbal hasil
investasi yang lebih baik.
·
Bersama
rekan bisnis, Perseroan bekerja sama dalam menekan persaingan yang tidak sehat.
·
Bersama
pelanggan, Perseroan memfokuskan diri untuk memberikan atau menghasilkan produk
unggulan dan pelayanan yang sangat bersaing dan membina hubungan yang saling
menguntungkan.
·
Bersama
pemasok, menawarkan dan mengeksplorasi kesepakatan dalam bekerja sama.
·
Bersama
karyawan, Perseroanterus mencari dan mengembangkan program-program yang dapat
memberikan hasil dan nilai tambah terbaik bagi setiap karyawan.
·
Bersama
masyarakat, Perseroan melakukan upaya untuk menjadi warga dunia usaha yang
bertanggung jawab terhadap masyarakat di sekitarnya.
Misi Perseroan Japfa
Pada tahun 2015 menjadi penyedia terkemuka
dan terpercaya di bidang produk pangan berprotein terjangkau di kawasan
berkembang Asia, berlandaskan kerjasama dan pengalaman teruji, dalam upaya
memberikan manfaat bagi seluruh pihak terkait ( annual
report japfa,2008).
Penjelasan:
·
Terkemuka
- Menjadi yang utama dan selalu diingat
- Menjadi panutan bagi industri sejenis
- Berkembang melalui proses berkesinambungan
- Selangkah lebih maju dalam persaingan
·
Terpercaya
- Dapat diandalkan oleh segenap pemasok,
pelanggan dan karyawan
- Konsisten, dapat dipercaya, aman,
berkualitas baik, produk higienis
- Bertanggung jawab kepada masyarakat dan
lingkungan sekitar
Terjangkau
- Mengutamakan masyarakat luas
- Kualitas baik dengan harga terjangkau
- Berperan aktif dalam menanggulangi
keterbatasan pangan
- Penyedia protein yang efisien; mengarah
pada tingkat keuntungan jangka panjang yang mendukung kelangsungan usaha Produk
Pangan Berprotein
- Mengembangkan usaha di bidang protein dari
hewan ternak termasuk unggas dan hewan laut
- Termasuk usaha utama di bidang pakan,
pembiakan & pemeliharaan ternak, vaksin dan lain-lain
·
Meliputi
:
- Asia Tenggara
- Indo China
- Cina
- India
- Timur Tengah
·
Kerjasama
- Bekerjasama dan saling membantu satu
sama lain tanpa diminta
- Koordinasi yang sempurna
- Beroperasi sebagai satu kesatuan
- Berbeda pendapat tetapi tetap bergerak
sebagai satu tim Pengalaman Teruji
- Memiliki pengalaman teruji di bidang
peternakan dan di kawasan berkembang Asia
·
Pihak
Terkait
Meliputi :
- Karyawan
- Pelanggan
- Pemasok
- Peternak mitra
- Pemegang Saham
- Masyarakat
Misi Dan Strategi Manajemen Operasi Produksi
Visi Dan Misi Manajemen Operasional PT Japfa
Visi: sebagai perusahaan agri-food yang
terintegrasi, yang terbagi atas beberapa kegiatan Divisi, yaitu Divisi Perunggasan,
Divisi Peternakan Sapi, Divisi Produk Konsumen, Divisi Budidaya Perairan,
Divisi Internasional dan Bisnis Pendukung.
Misi: Menyediakan produk pangan berprotein
yang sesuai dengan permintaan pasar & terus berkembang menjadi perusahaan.yang
berinovasi dan berkualitas dengan biaya yang wajar.
Misi-Misi Bagian Operasional
Misi manajemen kualitas
Mencapai kualitas yang konsisten dengan misi
perusahaan dan tujuan perusahaan dengan perhatian penuh pada desain,
pembekalan, produksi, dan peluang pelayanan lapangan untuk meningkatkan desain
Misi desain produk
Memimpin dalam kompetisi riset dan rekayasa
di semua bidang bisnis utama, merancang dan menghasikan produk dan jasa dengan
mutu terbaik dan nilai pelanggan yang menyatu didalamnya membangun system
pengembangan produk yang memiliki kemampuan dalam merancang dan memproduksi
sehingga perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif
Misi desain proses
Menentukan dan merancang atau memproduksi
proses produksi dan perlengkapan yang akan kompatibel dengan produk berbiaya
rendah, kualitas tinggi, dan kehidupan mutu kerja yang baik dengan biaya
ekonomis
Misi desain tata letak
Tata
letak fleksibel untuk mengantisipasi adanya perubahan permintaan, penemuan
produk baru, proses baru, melalui skill, imajinasi dan akal yang panjang dalam
metode tata letak dan metode kerja, keefektifan produksi, dan efisiensi yang
mendukung kualitas kerja yang tinggi
Misi seleksi lokal
Menempatkan, merancang dan membangun
fasilitas yang efisien dan ekonomis yang akan menghasilkan nilai yang tinggi
bagi perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
Misi sumberdaya manusia
Memberikan
kehidupan mutu kerja yang baik, dengan pekerjaan yang dirancang dengan baik,
aman, dihargai, kelansungan kerja yang stabil, dan bayaran yang pantas, sebagai
imbalan atau kontribusi individual yang terbaik bagi karyawan disemua tingkat.
Misi manajemen rantai pasokan
Bekerja sama dengan para pemasok dan
subkontraktor untuk mengembangkan produk-produk inovatif, sumber-sumber pasokan
yang stabil, koordinasi dari bahan, informasi dan arus keuangan (pembiayaan) antar
perusahaan yang berpartisipasi efektif dan efisien
Misi Penjadwalan
Mencapai
tingkat yang tinggi dari pengiriman pelanggan yg tepat, cepat waktu melalui
penjadwalan yang efektif.
Penjadwalan
berkontribusi kepada pencapaian better,
faster, cheaper, dan layanan handal sekaligus.
Misi persediaan
Mencapai investasi yang rendah dalam
persediaan yang konsisten dengan tingkat pelayanan pelanggan yang tinggi dan menjaga
keseimbangan antara besar kapasitas penawaran dengan jumlah permintaan
Misi pemeliharaan
Mencapai pemanfaatan fasilitas dan peralatan
yang tinggi dengan pemeliharaan preventif yang efektif dan perbaikan fasilitas
dan peralatan yang cepat. Menjamin tersedianya peralatan atau mesin dalam kondisi yang mampu
memberikan keuntungan,
Keputusan Dan Strategi Manajemen Operasional
Kualitas:
harapan mutu pelanggan harus ditentukan dan kebijakan serta prosedur dibangun
untuk mengidentifikasikan serta mencapai mutu yg ditetapkan
Desain
produk: merancang barang menetapkan sebagian besar proses tranformasi.
Keputusan mutu, biaya dan sdm bergantung pada desain. Desain menetapkan batas
bawah biaya dan batas atas mutu.
Desain
proses: pilihan proses untuk produk. Keputusan proses mengikat pada manajemen
pada teknologi, mutu, sdm, dan pemeliharaan yang spesifik. Komitmen biaya dan
modal menentukan struktur biaya dasar perusahaan.
Seleksi
lokasi: keputusan lokasi baik untuk perusahaan manufaktur dalam menentukan
keberhasilan perusahaan. Kesalahan yang dibuat pada saat ini dapat mempengaruhi
efisiensi.
Desain
tataletak: aliran bahan baku, kapasitas yg dibutuhkan, tingkat karyawan,
keputusan teknologi, dan kebutuhan persediaan mempengaruhi tata letak.
Sumber
daya manusia dan desain pekerjaan: manusia adalah bagian integral dan mahal
dari keseluruhan rancang sistem. Karena itu kualitas lingkungan kerja yang
disediakan, bakat dan keahlian yang dibutuhkan, dan upah harus ditentukan dengan
jelas. Meningkatkan produktifitas dan kualitas organisasi, meningkatkan
kepemimpinan dan profesionalisme kerja. Membangun sikap mental positif dan
mengembangkandaya intelektual pribadi.
Manajemen
rantai pasokan: keputusan ini menentukan apa yg akan dibuat dan dibeli.
Pertimbangan ada pada mutu, pengiriman dan inovasi, dengan harga yang memuaskan.
Kepercayaan antara pembeli dan penjual sangat dibutuhkan untuk pembelian yang
efektif
Persediaan:
keputusan persediaan bisa dioptimalkan hanya bila keputusan pelanggan, pemasok,
perencanaan produksi dan sdm dipertimbangkan.Menetukan persediaan akan barang
atau bahan baku untuk memperlancar proses produksi.
Penjadwalan:
jadwal produksi yang layak dan efisien harus dikembangkan, permintaan terhadap
sdm dan fasilitas harus ditentukan dan dikendalikan. Ketepatan jadwal dalam distributor
barang dengan tujuan meningkatan kepuasaan konsumen
Pemeliharaan:
keputusan harus dibuat pada tingkat keandalan dan kestabilan yang diinginkan.
Sistem harus dibuat untuk menjaga keandalan dan stabilitas peralatan dan
perlengkapan perusahaan.
Strategi Operasional :
1) Bersaing pada perbedaan (differentiation), keunikan dapat melalui
karakteristik fisik yang ditawarkan kepada konsumen sehingga konsumen
mempersepsikannya sebagai nilai tambah (Dandan irawan). Menghubungkan
operasi hulu dan hilir, perseroan mampu menjamin keluarnya kualitas unggul di
setiap tingkatan mulai dari pakan hingga nilai tambah produk makanan yang
memeliki perbedaan dengan produk dari perusahaan lainnya, Sozziz dan So Nice
keluaran Japfa adalah market leader dalam hal makanan sosis. Strategi dalam
mengeluarkan produk tersebut selain harga yang terjangkau adalah dengan
keunikkannya dengan
pemakaian daging New Zealand bisa menjadi keunggulan tersendiri.
2) Bersaing pada biaya (cost leadership), untuk mencapai nilai
maksimum yang diinginkan pelanggan tetapi dengan kualitas yang memadai (Dandan
irawan). PT.Japfa perusahaan yang teritegrasi sehingga membawa manfaat
perlindungan terhadap volatilitas harga, sedangkan skala ekonomisnya telah
membuat Japfa menjadi salah satu produsen pangan dengan biaya terendah di
Indonesia.
3) Bersaing pada respon cepat (rapid response), melalui keseluruhan
nilai yang terkait dengan pengembangan dan penghantaran barang yang tepat
waktu, penjadwalan yang dapat diandalkan serta kinerja yang fleksibel (Dandan
irawan). Respon
cepat juga merupakan kemampuan mengantisipasi perubahan di pasar
DAFTAR PUSTAKA
Drs.
Dandan Irawan, M.Sc.supriyadid.blogdetik.com/files/2011/01/bahan-ajar-mo.doc [ 9 Oktober 2012]
Www.japfacomfeed.co.id/profile/annualreport/japfa/jci_08_c.pdf[ 4 Oktober 20120]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar