Jumat, 02 November 2012

tugas 1 kuliaH MPO


MISI DAN STRATEGI MANAJEMEN OPERASI PRODUKSI PADA PT. JAPFA Tbk


Oleh           :
         Firda Rachma Amalia
         NIM : P056111813.10EK



Dosen Pembimbing :
Dr. Ir. MARIMIN, M.Sc.




MAGISTER MANAJEMEN TERAPAN AGRIBISNIS
PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2012










Visi dan Misi Perseroan Japfa
Visi Perseroan Japfa
Berkembang Menuju Kesejahteraan:
Kesuksesan utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, dibangun atas dasar keyakinan dalam membina hubungan yang saling menguntungkan, berdasarkan kepercayaan dan integritas. Bersama seluruh pihak-pihak terkait, Perseroan selalu mengambil posisi pro-aktif dalam mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan ( annual report japfa,2008)
·         Bersama seluruh pemegang sahamnya, Perseroan senantiasa bertujuan meraih imbal hasil investasi yang lebih baik.
·         Bersama rekan bisnis, Perseroan bekerja sama dalam menekan persaingan yang tidak sehat.
·         Bersama pelanggan, Perseroan memfokuskan diri untuk memberikan atau menghasilkan produk unggulan dan pelayanan yang sangat bersaing dan membina hubungan yang saling menguntungkan.
·         Bersama pemasok, menawarkan dan mengeksplorasi kesepakatan dalam bekerja sama.
·         Bersama karyawan, Perseroanterus mencari dan mengembangkan program-program yang dapat memberikan hasil dan nilai tambah terbaik bagi setiap karyawan.
·         Bersama masyarakat, Perseroan melakukan upaya untuk menjadi warga dunia usaha yang bertanggung jawab terhadap masyarakat di sekitarnya.
Misi Perseroan Japfa
Pada tahun 2015 menjadi penyedia terkemuka dan terpercaya di bidang produk pangan berprotein terjangkau di kawasan berkembang Asia, berlandaskan kerjasama dan pengalaman teruji, dalam upaya memberikan manfaat bagi seluruh pihak terkait ( annual report japfa,2008).
Penjelasan:
·         Terkemuka
- Menjadi yang utama dan selalu diingat
- Menjadi panutan bagi industri sejenis
- Berkembang melalui proses berkesinambungan
- Selangkah lebih maju dalam persaingan
·         Terpercaya
- Dapat diandalkan oleh segenap pemasok, pelanggan dan karyawan
- Konsisten, dapat dipercaya, aman, berkualitas baik, produk higienis
- Bertanggung jawab kepada masyarakat dan lingkungan sekitar
Terjangkau
- Mengutamakan masyarakat luas
- Kualitas baik dengan harga terjangkau
- Berperan aktif dalam menanggulangi keterbatasan pangan
- Penyedia protein yang efisien; mengarah pada tingkat keuntungan jangka panjang yang mendukung kelangsungan usaha Produk Pangan Berprotein
- Mengembangkan usaha di bidang protein dari hewan ternak termasuk unggas dan hewan laut
- Termasuk usaha utama di bidang pakan, pembiakan & pemeliharaan ternak, vaksin dan lain-lain
·         Meliputi :
- Asia Tenggara
- Indo China
- Cina
- India
- Timur Tengah
·         Kerjasama
- Bekerjasama dan saling membantu satu sama  lain tanpa diminta
- Koordinasi yang sempurna
- Beroperasi sebagai satu kesatuan
- Berbeda pendapat tetapi tetap bergerak sebagai satu tim Pengalaman Teruji
- Memiliki pengalaman teruji di bidang peternakan dan di kawasan berkembang Asia
·         Pihak Terkait
Meliputi :
- Karyawan
- Pelanggan
- Pemasok
- Peternak mitra
- Pemegang Saham
- Masyarakat



























Misi Dan Strategi Manajemen Operasi Produksi

Visi Dan Misi Manajemen Operasional PT Japfa
Visi: sebagai perusahaan agri-food yang terintegrasi, yang terbagi atas beberapa kegiatan Divisi, yaitu Divisi Perunggasan, Divisi Peternakan Sapi, Divisi Produk Konsumen, Divisi Budidaya Perairan, Divisi Internasional dan Bisnis Pendukung.
Misi: Menyediakan produk pangan berprotein yang sesuai dengan permintaan pasar & terus berkembang menjadi perusahaan.yang berinovasi dan berkualitas dengan biaya yang wajar.
Misi-Misi Bagian Operasional
Misi manajemen kualitas
Mencapai kualitas yang konsisten dengan misi perusahaan dan tujuan perusahaan dengan perhatian penuh pada desain, pembekalan, produksi, dan peluang pelayanan lapangan untuk meningkatkan desain
Misi desain produk
Memimpin dalam kompetisi riset dan rekayasa di semua bidang bisnis utama, merancang dan menghasikan produk dan jasa dengan mutu terbaik dan nilai pelanggan yang menyatu didalamnya membangun system pengembangan produk yang memiliki kemampuan dalam merancang dan memproduksi sehingga perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif
Misi desain proses
Menentukan dan merancang atau memproduksi proses produksi dan perlengkapan yang akan kompatibel dengan produk berbiaya rendah, kualitas tinggi, dan kehidupan mutu kerja yang baik dengan biaya ekonomis



Misi desain tata letak
Tata letak fleksibel untuk mengantisipasi adanya perubahan permintaan, penemuan produk baru, proses baru, melalui skill, imajinasi dan akal yang panjang dalam metode tata letak dan metode kerja, keefektifan produksi, dan efisiensi yang mendukung kualitas kerja yang tinggi
Misi seleksi lokal
Menempatkan, merancang dan membangun fasilitas yang efisien dan ekonomis yang akan menghasilkan nilai yang tinggi bagi perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
Misi sumberdaya manusia
Memberikan kehidupan mutu kerja yang baik, dengan pekerjaan yang dirancang dengan baik, aman, dihargai, kelansungan kerja yang stabil, dan bayaran yang pantas, sebagai imbalan atau kontribusi individual yang terbaik bagi karyawan disemua tingkat.
Misi manajemen rantai pasokan
Bekerja sama dengan para pemasok dan subkontraktor untuk mengembangkan produk-produk inovatif, sumber-sumber pasokan yang stabil, koordinasi dari bahan, informasi dan arus keuangan (pembiayaan) antar perusahaan yang berpartisipasi efektif dan efisien
Misi Penjadwalan
Mencapai tingkat yang tinggi dari pengiriman pelanggan yg tepat, cepat waktu melalui penjadwalan yang efektif. Penjadwalan berkontribusi kepada pencapaian better, faster, cheaper, dan layanan handal sekaligus.
Misi persediaan
Mencapai investasi yang rendah dalam persediaan yang konsisten dengan tingkat pelayanan pelanggan yang tinggi dan menjaga keseimbangan antara besar kapasitas penawaran dengan jumlah permintaan


Misi pemeliharaan
Mencapai pemanfaatan fasilitas dan peralatan yang tinggi dengan pemeliharaan preventif yang efektif dan perbaikan fasilitas dan peralatan yang cepat. Menjamin tersedianya peralatan atau mesin dalam kondisi yang mampu memberikan keuntungan,
 Keputusan Dan Strategi Manajemen Operasional
Kualitas: harapan mutu pelanggan harus ditentukan dan kebijakan serta prosedur dibangun untuk mengidentifikasikan serta mencapai mutu yg ditetapkan
Desain produk: merancang barang menetapkan sebagian besar proses tranformasi. Keputusan mutu, biaya dan sdm bergantung pada desain. Desain menetapkan batas bawah biaya dan batas atas mutu.
Desain proses: pilihan proses untuk produk. Keputusan proses mengikat pada manajemen pada teknologi, mutu, sdm, dan pemeliharaan yang spesifik. Komitmen biaya dan modal menentukan struktur biaya dasar perusahaan.
Seleksi lokasi: keputusan lokasi baik untuk perusahaan manufaktur dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Kesalahan yang dibuat pada saat ini dapat mempengaruhi efisiensi.
Desain tataletak: aliran bahan baku, kapasitas yg dibutuhkan, tingkat karyawan, keputusan teknologi, dan kebutuhan persediaan mempengaruhi tata letak.
Sumber daya manusia dan desain pekerjaan: manusia adalah bagian integral dan mahal dari keseluruhan rancang sistem. Karena itu kualitas lingkungan kerja yang disediakan, bakat dan keahlian yang dibutuhkan, dan upah harus ditentukan dengan jelas. Meningkatkan produktifitas dan kualitas organisasi, meningkatkan kepemimpinan dan profesionalisme kerja. Membangun sikap mental positif dan mengembangkandaya intelektual pribadi.
Manajemen rantai pasokan: keputusan ini menentukan apa yg akan dibuat dan dibeli. Pertimbangan ada pada mutu, pengiriman dan inovasi, dengan harga yang memuaskan. Kepercayaan antara pembeli dan penjual sangat dibutuhkan untuk pembelian yang efektif
Persediaan: keputusan persediaan bisa dioptimalkan hanya bila keputusan pelanggan, pemasok, perencanaan produksi dan sdm dipertimbangkan.Menetukan persediaan akan barang atau bahan baku untuk memperlancar proses produksi.        
Penjadwalan: jadwal produksi yang layak dan efisien harus dikembangkan, permintaan terhadap sdm dan fasilitas harus ditentukan dan dikendalikan. Ketepatan jadwal dalam distributor barang dengan tujuan meningkatan kepuasaan konsumen
Pemeliharaan: keputusan harus dibuat pada tingkat keandalan dan kestabilan yang diinginkan. Sistem harus dibuat untuk menjaga keandalan dan stabilitas peralatan dan perlengkapan perusahaan.
Strategi Operasional :
1)         Bersaing pada perbedaan (differentiation), keunikan dapat melalui karakteristik fisik yang ditawarkan kepada konsumen sehingga konsumen mempersepsikannya sebagai nilai tambah (Dandan irawan). Menghubungkan operasi hulu dan hilir, perseroan mampu menjamin keluarnya kualitas unggul di setiap tingkatan mulai dari pakan hingga nilai tambah produk makanan yang memeliki perbedaan dengan produk dari perusahaan lainnya, Sozziz dan So Nice keluaran Japfa adalah market leader dalam hal makanan sosis. Strategi dalam mengeluarkan produk tersebut selain harga yang terjangkau adalah dengan keunikkannya dengan pemakaian daging New Zealand bisa menjadi keunggulan tersendiri.
2)         Bersaing pada biaya (cost leadership), untuk mencapai nilai maksimum yang diinginkan pelanggan tetapi dengan kualitas yang memadai (Dandan irawan). PT.Japfa perusahaan yang teritegrasi sehingga membawa manfaat perlindungan terhadap volatilitas harga, sedangkan skala ekonomisnya telah membuat Japfa menjadi salah satu produsen pangan dengan biaya terendah di Indonesia.
3)         Bersaing pada respon cepat (rapid response), melalui keseluruhan nilai yang terkait dengan pengembangan dan penghantaran barang yang tepat waktu, penjadwalan yang dapat diandalkan serta kinerja yang fleksibel (Dandan irawan). Respon cepat juga merupakan kemampuan mengantisipasi perubahan di pasar

DAFTAR PUSTAKA
Drs. Dandan Irawan, M.Sc.supriyadid.blogdetik.com/files/2011/01/bahan-ajar-mo.doc [ 9 Oktober 2012]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar